pengantar sosiologi

sebelum kita mempelajari sosiologi lebih jauh, ada baiknya kita mempelajari awal munculnya sosiologi. Awal munculnya ilmu sosiologi disebabkan oleh ketidakstabilan masyarakat eropa yang ditandai dengan adanya Revolusi politik di Perancis pada tahun 1789 dan munculnya revolusi industri dan munculnya kapitalisme sehingga mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat yang menjadi serba keos dan disorder. Perubahan tersebut mendorong pemikir-pemikir ilmu sosial lainnya menjadikan masyarakat sebagai sebagai objek kajiannya yang dimotori oleh Agust Comte dan diberi nama Sosiologi.
Setelah kita mengetahui awal munculnya ilmu sosiologi tentunya kita pingin mengetahui apa itu sosiologi ? secara harafiah sosiologi terdiri dari dua kata yitu socius dan logos. Socios berarti kawan, sedangkan logos ilmu. Sehingga kalau kita mendefinisikan secara sederhana yaitu ilmu yang mempelajari tentang pergaulan hidup (teman). Sesunggunhnya ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai kehidupan manusia sebagai individu maupun masyarakat. Oleh karena itu sosiologi juga mempelajari berbagai sistem yang ada dimasyarakat seperti : Interaksi sosial, sosialisasi, stratifikasi sosial, kelompok sosial, prilaku sosial dan kontrol sosial, tatanan sosial, perubahan sosial, dan prespektif sosiologi.
Untuk lebih menambah wawasan kita dalam memahami sosiologi teman-teman dapat membaca tentang paradigm sosiologi.
Paradigma Sosiologi :
1. Paradigma Fakta sosial
Dikembangkan oleh oleh Emile Durkheim 1895 teori yang mendukung dalam paradigm ini adalah teori fungsional struktural, teori konflik, teori sosiologi makro dan teori system. Sedangkan kajian Paradigma Fakta sosial yaitu struktur sosial dan pranata sosial. Stuktur sosial adalah jaringan hubungan sosial dimana interaksi sosial terjadi secara terorganisir melalui posisi sosial individu dan sub kelompok. Sedangkan pranata sosial adalah norma dan nilai
2. Definisi sosial
Dikembangkan oleh Max Weber, teori-teori yang tergabung dalam definisi sosial yaitu fenomenologi, interaksionisme simbolik, entometodologi dan dramaturgi.
3. Prilaku sosial
Obyek sosiologi adalah prilaku manusia yang mempelajari hubungan antar individu dan lingkunganya.
Demikianlah pengantar awal mengenai kajian sosiologi, sebagai langkah awal pada modul ini anda diminta memahami pemikiran dari tokoh-tokoh awal sosiologi dan bidang kajian dari sosiologi sebagai suatu bidang ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s